UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS V SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL

Sri Lestari, 12144600189 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS V SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (40MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SD 1 Pedes Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 1 Pedes Sedayu Bantul yang berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki sebanyak 17 siswa dan perempuan sebanyak 11 siswa. Obyek penelitian ini adalah strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Prosedur penelitian yang dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan siswa yang diperoleh melalui tes pada tiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 70% siswa sudah mencapai nilai KKM sebesar ≥ 75. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Diketahui bahwa nilai pra siklus diperoleh persentase ketuntasan 32,14% dengan nilai rata-rata siswa 68,53. Siklus I persentase ketuntasan 42,46% dengan nilai rata-rata siswa 70 dan siklus II persentase ketuntasan mencapai 82,14 % dengan nilai rata-rata siswa 80,26.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Kelas V SD
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca/ belajar membaca
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:21
Last Modified: 11 Aug 2016 01:21
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item