UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT TEGAK BERSAMBUNG PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II SDN UMBULHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Fitri Juwita, 11144600002 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT TEGAK BERSAMBUNG PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II SDN UMBULHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen BAB I.pdf

Download (899kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis kalimat tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas II SDN Umbulharjo Cangkringan tahun ajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Umbulharjo Cangkringan Sleman tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 15 siswa terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan siswa serta tes hasil evaluasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode drill diperoleh nilai rata-rata evaluasi belajar siswa meningkat dari 69 pada pra siklus menjadi 72,3 pada siklus 1 dan 77,3 pada siklus II. Ketuntasan evaluasi belajar siswa meningkat 33% pada pra siklus menjadi 53% pada siklus 1 dan 80% pada siklus II. Aktivitas menulis mengalami peningkatan dari 74% pada siklus 1 menjadi 95% pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa metode drill ini dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat tegak bersambung pada siswa kelas II SDN Umbulharjo Cangkringan Sleman tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, kalimat tegak bersambung, metode pembelajaran driil
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 30 May 2016 07:07
Last Modified: 30 May 2016 07:07
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item