UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SD N SOMOITAN TURI SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ainun Rochmah, 09144620041 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SD N SOMOITAN TURI SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.dokumen 1.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
2.dokumen II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
3.dokumen III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
4.Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img]
Preview
Text
5.dokumen BAB V.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.Lampiran .pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar IPS menggunakan metode diskusi pada siswa kelas IV SD N Somoitan Turi Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Somoitan, Turi, Sleman, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian PTK ini menggunakan angkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Melalui metode diskusi dengan pengumpulan data menggunakan cara observasi dan tes. Sedangkan instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rata- rata dan persentase ketuntasan (deskriptif kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode diskusi pembelajaran IPS pada materi koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Somoitan Turi Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan melihat nilai rata-rata mata peajaran IPS pra siklus 54,4 dengan persentase ketuntasan 39%, meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 62,8 dan persentase ketuntasan 56%, sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 81,4 dengan persentase ketuntasan 89%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Prestasi Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 May 2016 05:10
Last Modified: 26 May 2016 05:10
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item