UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIIIA SMP MATARAM KASIHAN BANTULTAHUN AJARAN 2015/2016

SISKA DWI HANDAYANI, 11144100134 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIIIA SMP MATARAM KASIHAN BANTULTAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika dengan pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar dan faktorisasi bentuk aljabar bagi siswa kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan Bantul dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilakukan di SMP Mataram Kasihan Bantul pada tanggal 27 Agustus–01 Oktober tahun 2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan yang berjumlah 25 siswa dan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Model penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif antara guru matematika kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan dengan peneliti.Desain dalam penelitian ini terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang telah tersedia, baik data kualitatif dan kuantitatif dengan ratarata dan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Keaktifan belajar siswa pra tindakan dari hasil angketdiperoleh rata-rata 56,83% dalam kualifikasi cukup, pada siklus I dari hasil observasi keaktifan belajar siswa rata-rata menjadi 60,90% termasuk dalam kualifikasi tinggi, dan pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswamenjadi 83,44% termasuk kualifikasi sangat tinggi.Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 44,56 (kualifikasi rendah) dengan ketuntasan 12%, pada siklus I rata-rata sebesar 68,32 (kualifikasi tinggi) dengan ketuntasan 52%, dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 78,8 (kualifikasi tinggi) dengan ketuntasan 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), keaktifan belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:55
Last Modified: 29 Apr 2016 03:55
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item