PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAAN BAHASA INDONESIA (FIELD STUDY) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI KANOMAN BANYURADEN GAMPING SLEMAN

Gilang Triambodo, 11144600045 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAAN BAHASA INDONESIA (FIELD STUDY) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI KANOMAN BANYURADEN GAMPING SLEMAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL Gilang Triambodo (11144600045).pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media lingkungan (Field Study) pada siswa kelas V SD Negeri Kanoman Banyuraden Gamping Sleman tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kanoman Banyuraden Gamping Sleman berjumlah 26 siswa. Terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi, data pra siklus menunjukan nilai rata-rata kelas 63,65 dengan presentase ketuntasan 46,15% .Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas menjadi 66,65 dengan persentase ketuntasan sebesar 69,23%, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 71,11 dengan persentase ketuntasan sebesar 84,61%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Bahasa Indonesia,Media Lingkungan (Field Study)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 28 Jan 2016 02:55
Last Modified: 28 Jan 2016 02:55
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item