Arum Ma’rifah Zauharoh, 12144600160 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SD N BRAJAN, KASIHAN, BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dengan multimedia pada siswa kelas V SD Negeri Brajan, Kasihan, Bantul tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah student faciltator and explaining dengan multmedia. Analisis data menggunakan rata-rata hitung dan persentasi ketuntasan minimal. Berdasarkan analisis data penelitian, kreativitas belajar yang diperoleh siswa pada siklus I skor rata-rata kreativitas belajar siswa yang diperoleh 23,83 kemudian meningkat 20,31% pada siklus II menjadi 28,67. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 6 siswa dengan persentase ketuntasan 25% setelah dilaksanakan siklus II, jumlah siswa yang tuntas menjadi 18 siswa dengan persentase ketuntasan 75%. Prestasi belajar siswa pada saat prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh 67,45 persentase ketuntasan sebanyak 37,5%, kemudian setelah melaksanakan tindakan pada siklus I meningkat 3,48% diperoleh hasil nilai rata-rata siswa menjadi 69,80 dengan peresentase ketuntasan sebanyak 54,16%. Pada siklus II mengalami peningkatan 24,16% nilai rata-rata kelas menjadi 83,75 dengan persentase ketuntasan mencapai 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan multimedia dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Brlajar IPS, Prestasi Belajar IPS, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembelajaran dengan Multimedia, Student Facilitator and Explaining |
Subjects: | Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Daya khayal, imajinasi, kreativitas Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:57 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:57 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/892 |
Actions (login required)
View Item |