HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GODEAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

SARI YANI, 12144200193 (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GODEAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, ABstrak, Persetujuan...hingga Dafta.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Godean Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Godean Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 192 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 96 anak dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Godean Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,422 dengan sig = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin efektif penggunaan media pembelajaran maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin tidak efektif penggunaan media pembelajaran maka motivasi belajar siswa semakin rendah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan penggunaan media pembelajaran yang efektif akan meningkatkan motivasi belajar siswa yang baik. Diharapkan sekolah dan guru BK mampu mendukung dan meningkatkan pelaksanaan bimbingan belajar melalui berbagai program kegiatan serta penggunaan media pembelajaran yang berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 14 Jul 2016 05:13
Last Modified: 14 Jul 2016 05:13
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item