HARNO HANDOYO, 11155140075 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN JARINGAN INTERNET DAN PERGAULAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2013/2014 HARNO HANDOYO. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
bab I.pdf Download (74kB) | Preview |
|
Text
Dokumen bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
Text
Dokumen bab III..pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
Dokumen bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
||
|
Text
Dokumen Bab V, Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan jaringan internet terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan semester 1 tahun pelajaran 2013-2014, 2) untuk mengetahui pengaruh pergaulan siswa terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan semester 1 tahun pelajaran 2013-2014, 3) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan jaringan internet, dan pergaulan siswa secara bersama-sama tehadap prestasi prestasi belajar PKn siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan semester 1 tahun pelajaran 2013-2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Sleman tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 7 kelas dengan jumlah keseluruhan 224 siswa. Pengambilan sampel representatif yaitu 40% dari jumlah populasi (90 siswa) dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel bebas, untuk variabel terikat menggunakan metode dokumentasi dengan mengambil nilai raport semester I. Teknik analisis data meliputi : 1) deskriptif data, 2) pengujian persyaratan analisis ( uji normalitas data, uji linearitas data, uji multikolinearitas data), dan pengujian hipotesis. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh masing-masing variabel bebas pemanfaatan internet (x1), dan pergaulan siswa (x2) terhadap variabel terikat prestasi belajar PKn (y) dan regresi berganda untuk menguji hipotesis ketiga tentang pengaruh variabel bebas pemanfaatan internet (x1), dan pergaulan siswa (x2) secara bersama terhadap variabel terikat prestasi belajar PKn (Y) Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa pemanfaatan jaringan internet pada kategori baik ( rerata = 76,39), lingkungan pergaulan siswa berada pada kategori baik (rerata = 77,90). Hasil analisis regresi individual, menunjukkan bahwa pemanfaatan jaringan internet memberikan pengaruh positif dengan tingkat signifikansi sebesar 0,077 terhadap prestasi belajar Pkn, lingkungan pergaulan siswa memberikan pengaruh positif dengan tingkat signifikansi sebesar 0,617 terhadap prestasi belajar PKn, hasil analisis regresi ganda mengungkapkan adanya pengaruh yang signifikan dari pemanfatan jaringan internet, lingkungan pergaulan siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Sleman semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Ketiga variable secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar sebesar 41,50 %
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Jaringan Internet, Lingkungan Pergaulan Siswa, dan Prestasi Belajar Pkn |
Subjects: | Komputer > Jaringan Komunikasi Komputer, interface Komputer > Media Sosial Internet Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 30 May 2016 02:11 |
Last Modified: | 30 May 2016 02:11 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/773 |
Actions (login required)
View Item |