HUBUNGAN ANTARA LAYANAN INFORMASI DAN LAYANAN ORIENTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SLB-C1 DHARMA RENA RING PUTRA I SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AGUS BUDIYANTO, 12144200002 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN INFORMASI DAN LAYANAN ORIENTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SLB-C1 DHARMA RENA RING PUTRA I SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan informasi dengan prestasi belajar siswa, (2) hubungan antara layanan orientasi dengan prestasi belajar siswa, (3) hubungan antara layanan informasi dan layanan orientasi dengan prestasi belajar siswa SLB-C1 Dharma Rena Ring Putra I Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SLB-C1 Dharma Rena Ring Putra I Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik sample sampling sejumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif signifikan antara bimbingan pribadi dengan prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,846 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik layanan informasi, maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, (2) Ada hubungan yang positif signifikan antara layanan orientasi dengan prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,843 dengan p = 0,000< 0,05, yang berarti semakin baik layanan orientasi maka semakin tinggi prestasi belajar siswa,(3) Ada hubungan yang positif signifikan antara layanan informasi dan layanan orientasi dengan prestasi belajar pada siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung= 24,276 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik layanan informasi dan layanan orientasi siswa maka semakin tinggi minat belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa layanan informasi dan layanan orientasi yang baik pada siswa mempunyai peran penting meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan informasi, layanan orientasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 28 May 2016 04:04
Last Modified: 28 May 2016 04:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item