UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGEMPLAK 2 SLEMAN

Joko Windarto, 10144600012 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGEMPLAK 2 SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen Bab I.PDF

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode simulasi pada siswa kelas V SD Negeri Ngemplak 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Ngemplak 2 Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart, tahapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes prestasi belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan melalui metode simulasi, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar sebelum dilakukan penelitian yaitu 70,27 dengan presentase ketuntasan belajar 42,40%, kemudian dilakukan tindakan siklus I rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 75,23 dengan presentase ketuntasan belajar 60,60%, dan setelah dilakukan tindakan siklus II rata-rata prestasi belajar lebih meningkat menjadi 80,23 dengan presentase ketuntasan belajar 81,80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Simulasi, Prestasi Belajar
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 21 May 2016 03:45
Last Modified: 21 May 2016 03:45
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item