PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA COMPACT DISC INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SAYIDAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Nur’aini Rahmawati, 13255140045 (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA COMPACT DISC INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SAYIDAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL tesis fix.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img]
Preview
Text
BAB V dan Daftar Isi lampiran Tesis .pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penggunaan media CD (Compact Disc) Interaktif dalam proses pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Sayidan Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IV di SD Negeri Sayidan Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan prestasi belajar IPS melalui metode CD (Compact Disc) Interaktif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sayidan Yogyakarta meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor motivasi belajar dari 14 siswa sebesar 31.47% pada pra siklus, meningkat pada siklus 1 sebesar 57.81% dan pada siklus 2 sebesar 81.36%. Penerapan media CD (Compact Disc) Interaktif juga mempengaruhi hasil prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sayidan Yogyakarta. Peningkatan ini terlihat pada saat pra siklus, siswa yang mencapai nilai KKM 60 baru mencapai 28.57% atau 4 siswa. Selanjutnya setelah diadakan tindakan, siklus 1 meningkat menjadi 57.14% atau sebanyak 8 siswa. Pada siklus 2 meningkat 85.71% atau sebanyak 12 siswa telah mendapat nilai yang melebihi KKM.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Media Compact Disc Interaktif, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 13 May 2016 01:56
Last Modified: 13 May 2016 01:56
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item