YUNIARTI, 13255140048 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII 7 DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
2. DOKUMEN 1.pdf Download (999kB) | Preview |
|
Text
3. DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
Text
4. DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
Text
5. DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
|
Text
6. DOKUMEN BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar dalam pembelajaran IPS di SMPN 5 Yogyakarta, dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII-7 tahun pelajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa 31 orang terdiri dari 16 orang putra dan 15 orang putri. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes dan catatan lapangan.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Melalui penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII 7 SMP Negeri 5 Yogyakarta, pada siklus I minat belajar siswa masih rendah dengan kriteria baik 12 siswa 38,70%, cukup 16 siswa 51,61% , kuran 3 siswa 9,67% , pada siklus II minat belajar siswa meningkat lebih dari 75% yaitu 83,87% dengan kriteria baik sekali 4 siswa 12,90%, baik 22 siswa 70,96%, sehingga pada siklus III tidak memerlukan angket lagi.Selain angket peneliti memberikan cheklist setuju, ragu-ragu dan tidak setuju pada siklus I, II, dan III siswa setuju tertarik belajar IPS karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari mengalami kenaikan dari 38,71%, 87,10% meningkat 96,77%. Siswa setuju selalu memperhatikan saat guru menjelaskan pelajaran IPS dari 45,16%, 90,32%, meningkat menjadi 96,77%. Mengingat cara guru menjelaskan IPS siswa setuju 51,61%, 80,65% meningkat 90,32%. Siswa selalu menunggu untuk belajar IPS di kelas 16,13%, 87,10% meningkat 93,55%. 2)Melalui penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII 7 SMP Negeri 5 Yogyakarta, bahwa pada siklus I yang memperoleh nilai B+ adalah 41,93% meningkat pada siklus II menjadi 54,82% dan pada siklus III meningkat menjadi 80,63%. Siswa yang memiliki nilai dengan kriteria B+, A-, A > 80%, sehingga berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan hasil belajar siswa, sehingga penelitian tindakan ini dapat dikatakan bahwa prestasi belajar IPS siswa kelas VII 7 di SMP Negeri 5 Yogyakarta, dengan pendekatan saintifik meningkat sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan saintifik, minat, prestasi belajar, IPS |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 03 May 2016 03:16 |
Last Modified: | 03 May 2016 03:16 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/550 |
Actions (login required)
View Item |