UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) KELAS VII B SMP N 1 TEMPEL

Fajar Sidiq Pradana, 11144100081 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) KELAS VII B SMP N 1 TEMPEL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1,hlm ... BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V-Lampiran.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi aritmatika sosial dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempel pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII B. Obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menelaah seluruh data baik data menggunakan deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VII B melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari: (1) rata-rata keaktifan siswa siklus I 72,03 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,40; (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa saat pra tindakan sebesar 59,23, pada siklus I meningkat menjadi 65,90 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,46.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan dan hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 May 2016 04:09
Last Modified: 02 May 2016 04:09
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item