UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA TEMA PENGALAMAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEQIP PADA SISWA KELAS III SD BANJARHARJO KALIBAWANG KULONPROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Ismi Asmiati Dewi, 11144600083 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA TEMA PENGALAMAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEQIP PADA SISWA KELAS III SD BANJARHARJO KALIBAWANG KULONPROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jurnal Ismi Asmiati Dewi.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar IPA tema Pengalaman dengan menggunakan alat peraga SEQIP pada siswa kelas III SD Negeri Banjarharjo Kalibawang Kulonprogo Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Banjarharjo yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah rata-rata dan presentase ketuntasan siswa. Indikator keberhasilan dalam pembelajaran ini adalah jika terjadi perubahan proses yang ditunjukkan dengan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran serta adanya peningkatan prestasi belajar IPA yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai tes siswa, sekurang-kurangnya 75% siswa mencapai KKM (76) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi dan motivasi belajar IPA tema Pengalaman dengan menggunakan alat peraga SEQIP (Sceince Education Improvement Project). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata prasiklus 63 dengan persentase ketuntasan sebesar 28,6%. Nilai rata-rata tes siklus I yaitu 65 dengan presentase ketuntasan sebesar 30,7% dan nilai rata-rata tes siklus II yaitu 83,23 dengan presentase ketuntasan sebesar 76,9%. Untuk presentase hasil observasi motivasi siswa menunjukkan bahwa pada pra siklus terlaksana 20%, pada siklus I motivasi siswa meningkat 60% dan pada siklus II motivasi siswa meningkat 100%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga SEQIP, Hasil Prestasi Belajar IPA
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 06:32
Last Modified: 27 Jan 2016 06:32
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item