PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SD SE- GUGUS 3 KECAMATAN SANDEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Rizky Fauzi Novia Huda, 12144600088 (2016) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SD SE- GUGUS 3 KECAMATAN SANDEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Se-Gugus 3 kecamatan Sanden Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini juga akan diteliti ada tidaknya perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis antara siswa laki-laki dan perempuan Penelitian ini dilaksanakan di SD Se-Gugus 3 kecamatan Sanden Bantul. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2016. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 155 siswa dengan terlebih dahulu diambil 30 siswa untuk uji coba sehingga tersisa 125 siswa yang akan diteliti. Pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Uji coba instrumen meliputi uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresei sederhana. Ada tidaknya perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis antara siswa laki-laki dan perempuan diteliti menggunakan teknik analisis Independent Sample T- test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut kebiasaan membaca memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 7,984 dan t tabel sebesar 1,65734 yang berarti t hitung>t tabel atau 7,984>1,65734, dan diperkuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Jadi dapat dijelaskan bahwa semakin tinggi kebiasaan membaca, maka kemampuan menulis akan semakin baik. Tidak ada perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis antara siswa laki-laki dan perempuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yaitu Sig.(2tailed)>0,05, sehingga 0,309>0,05 dan 0,698>0,05. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan semakin tingginya kebiasaan membaca akan meningkatkan kemampuan menulis siswa. Tidak ada perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis antara siswa laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, kemampuan menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca/ belajar membaca
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:30
Last Modified: 31 Aug 2016 04:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item