UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NGAWONGGO 2 MAGELANG

BUSRO, 11266140022 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NGAWONGGO 2 MAGELANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL -KT PENGANTAR.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I revisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
BAB II rvisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III rvsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV rvi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
BAB V rvsi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Tujuan peneliti ini adalah untuk meningkatan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model Problem Solving pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ngawonggo 2 Magelang tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berisi alur penelitian meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ngawonggo 2 Magelang dengan jumlah 24 siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar,lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan rata-rata dan persentasi ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan model Problem Solving dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ngawonggo 2 Magelang, dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut: Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ngawonggo 2 Magelang. Oleh sebab itu, penerapan Model Problem Solving dalam proses belajar IPS kelas IV dinyatakan berhasil. Hasil prestasi siswa dari pra siklus nilai rata-rata 57,5 dengan ketuntasan 25%, meningkat di siklus I nilai rata-rata 71,45 dengan ketuntasan 62,5% kemudian meningkat di siklus ke II nilai rata-rata 75,62 dengan ketuntasan 83,3% diatas KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Problem
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 May 2016 04:39
Last Modified: 02 May 2016 04:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item