HADI PUTRANTO, 11144100188 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 IMOGIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm.sampul,abstrak,persetujuan...pdf Download (847kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization di SMP Negeri 2 Imogiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Imogiri pada tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Imogiri sebanyak 30 siswa tahun ajaran 2015/2016. Objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tindakan dilakukan dengan menyajikan materi dalam bentuk Lembar Kegiatan Siswa (LKS), metode belajar kelompok dan pemberian tugas materi pertidaksamaan linear satu variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kegiatan guru dan siswa, tes pemahaman konsep, catatan lapangan, angket respon siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pada data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIIB SMP Negeri 2 Imogiri melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari hasil observasi kegiatan guru sebesar 82,3% dan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 80,5%. Pada siklus II kegiatan guru meningkat menjadi 95,58% dan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 91,6%. Peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari hasil tes yang dilaksanakan sebelum dilakukan tindakan dan di setiap akhir siklus. Rata-rata pemahaman konsep kelas pada awal sebelum dilakukan tindakan sebesar 37,7 atau berkriteria gagal, kemudian mengalami peningkatan menjadi 60,40 atau berkriteria cukup pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,27 atau berkriteria baik sekali pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep Matematika, Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 29 Apr 2016 03:39 |
Last Modified: | 29 Apr 2016 03:39 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/510 |
Actions (login required)
View Item |