PERBANDINGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE EKSPOSITORI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BANTUL

ANA ANISA, 12144100009 (2016) PERBANDINGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE EKSPOSITORI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Pendahuluan.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode guided discovery learning dibandingkan dengan metode ekspositori ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bantul pada pokok bahasan program linear. Jenis Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan desain Nonequivalent Control Grup Desain. Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas yang berupa metode pembelajaran guided discovery learning dan metode ekspositori, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan program linear. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bantul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Dari hasil pengambilan sampel diperoleh kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas guided discovery learning dan kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas ekspositori. Teknik pengumpulan data penelitian dengan tes yaitu menggunakan soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan soal postest untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah perlakuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t terhadap nilai postest yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata nilai pretest. Analisis uji-t nilai postest digunakan untuk mengetahui perbedaan metode guided discovery learning dibandingkan dengan metode ekspositori ditinjau dari prestasi belajar matematika. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t terhadap nilai postest diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Guided Discovery Learning, Metode Ekspositori, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Matematika > Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:37
Last Modified: 30 Aug 2016 04:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item