UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIII C MTs NEGERI RONGKOP

Abdul Syarifin Balikh, 11144100150 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIII C MTs NEGERI RONGKOP. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
BAB V DAN LAMPIRAN.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIII C MTs Negeri Rongkop. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Rongkop pada tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti berkolaborasi atau bekerjasama dengan guru matematika. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Negeri Rongkop yang berjumlah 29 siswa dan obyek pada penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dengan materi lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Kemampuan komunikasi matematika siswa dalam penelitian ini meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Tink Pair Share (TPS). Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilaksanakan sebelum dilakukan tindakan dan disetiap akhir siklus. Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa pada pra tindakan adalah adalah 48,39% (kategori kurang), kemudian mengalami peningkatan pada tes siklus I sebesar 62,44% (kategori cukup), dan meningkat lagi pada tes siklus II menjadi 78,04% (kategori tinggi)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematika, pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:51
Last Modified: 24 Aug 2016 03:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item View Item