HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1MLATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SINTIA CAHYAWATI, 12144200126 (2016) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1MLATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (979kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa Kelas VII SMP N 1 Mlati Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Mlati Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 128 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil seluruh populasi sebesar 64 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar di rumah dengan presasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Mlati Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,381 dengan p = 0,002 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin tinggi aktivitas belajar siswa di rumah maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah aktivitas belajar siswa di rumah maka semakin rendah prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan konseling yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang aktivitas belajar yang bersifat positif sehingga prestasi belajar siswa tercapai lebih baik. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling mampu meningkatkan kegiatan yang positif pada siswa di rumah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar di rumah, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Sekolah Alternatif; home schooling, sekolah gratis
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:12
Last Modified: 24 Aug 2016 03:12
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/994

Actions (login required)

View Item View Item