ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL CERITA SISWA KELAS VII SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

ANITA ANGGRAINI, 12144100056 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL CERITA SISWA KELAS VII SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali serta untuk megetahui taraf kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal cerita siswa kelas VII SMP IT Masjid Syuhada. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian yaitu kelas VII Putri SMP IT Masjid Syuhada tahun ajaran 2015/2016, yang akan diambil secara acak 4 siswa dari kategori yang telah ditentukan untuk dijadikan sebagai sampel wawancara. Data yang digunakan adalah transkip wawancara dan hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap memahami masalah memperoleh persentase 51% dengan kategori cukup yang berarti dari keseluruhan siswa mampu dalam tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian memperoleh persentase 30% dengan kategori rendah yang artinya dari keseluruhan siswa dalam tahap ini masih kurang karena siswa terbiasa langsung mengerjakan tanpa menyusun rencana terlebih dahulu. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian memperoleh 77% termasuk kategori tinggi yang artinya siswa sudah mampu dalam tahap melaksanakan rencana penyelesaian, dan pada tahap memeriksa kembali memperoleh 37% dengan kategori rendah yang artinya siswa belum mampu pada tahap ini dikarenakan siswa tidak terbiasa memeriksa hasil penyelesaian yang telah dia peroleh. Dengan demikian siswa belum mampu sepenuhnya dalam memecahkan masalah sesuai dengan tahapan menurut Polya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Indikator Polya, Soal Cerita
Subjects: Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Matematika > Analisa kombinasi; maksima, minima
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:17
Last Modified: 22 Aug 2016 02:17
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item View Item