HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BK DI SEKOLAH DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 GAMPING TAHUN AJARAN 2015/2016

Prindi Marisaw, 12144200031 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BK DI SEKOLAH DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 GAMPING TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (959kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V dan daftar pustaka + lampiran penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan BK di sekolah dengan motivasi belajar (2) hubungan antara kedisiplinan belajar dengan motivasi belajar (3) hubungan antara layanan BK di sekolah dan kedisiplinan belajar dengan motivasi belajar pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gamping Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gamping Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 192 siswa. Teknik pengambilan data dengan quota proposive random sampling berjumlah 95 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara layanan BK di sekolah dengan motivasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,569 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin efektif layanan BK di sekolah akan meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Ada hubungan yang positif antara kedisiplinan belajar dengan motivasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,615 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti kedisiplinan belajar yang tinggi berperan dalam meningkatkan motivasi belajar. (3) Ada hubungan yang positif antara layanan BK di sekolah dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama dengan motivasi belajar dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 45,588 dengan p = 0,000 < 0,05, yang artinya ada hubungan antara layanan BK di sekolah dan kedisiplinan belajar dengan motivasi belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini, maka sekolah dan guru dituntut bekerjasama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan layanan BK di sekolah yang baik dan efektif terhadap siswa dan pemahaman potensi diri dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dalam memotivasi siswa. Sekolah memiliki peran penting dalam memantau dan memperhatikan pelaksanaan layanan bimbingan konseling dan peran BK dalam memberikan pemahaman kepada siswa sehingga akan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan BK di sekolah, kedisiplinan belajar, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 15 Aug 2016 05:26
Last Modified: 15 Aug 2016 05:26
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item