PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BACA TERHADAP PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS I KECAMATAN BANTUL

Lutfi Cahyadi, 12144600146 (2016) PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BACA TERHADAP PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS I KECAMATAN BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
BAB V + Daftar pustaka + lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh motivasi belajar terhadap pemecahan soal cerita matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Bantul, 2) pengaruh minat baca terhadap pemecahan soal cerita matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Bantul, dan 3) pengaruh motivasi belajar dan minat baca terhadap pemecahan soal cerita matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di SD Se-Gugus I Kecamatan Bantul. Penelitian ini dilaksanakan pada Mei 2016. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel seluruhnya 161 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Uji coba intrumen meliputi Uji validitas instrument menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemecahan soal cerita matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Bantul tahun ajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan r hitung lebih dari r tabel (0.461 > 0.159). 2) Minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemecahan soal cerita matematika siswakelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Bantul tahun ajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan r hitung lebih dari r tabel (0.394 > 0.159). 3) Motivasi belajar dan minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemecahan soal cerita matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Bantul tahun ajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan F hitung lebih dari F tabel (23.992 > 3.90) dan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti kurang dari 0.05 (0.000 < 0.05). Sumbangan efektif dari kedua variabel tersebut sebesar 23.30%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Minat Baca, Pemecahan Soal Cerita Matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:34
Last Modified: 15 Aug 2016 04:34
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item View Item