PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WOSE BERBANTUAN KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

Kurniasari Dwi Nurratri, 12144600166 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WOSE BERBANTUAN KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran WOSE berbantuan kartu UNO, mengetahui kualitas media pembelajaran WOSE berbantuan kartu UNO, serta untuk mengetahui analisis efektifitas kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media pembelajaran WOSE berbantuan kartu UNO. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sidoarum pada semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Teknik dan pengumpulan data: angket, observasi, tes, dan wawancara. Pengembangan media pembelajaran WOSE berbantuan kartu UNO dimulai dari menganalisis kebutuhan, desain pembelajaran, dan produksi media. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa produk media pembelajaran layak untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli media yaitu dalam kriteria sangat baik dan ahli materi menilai produk dalam kriteria baik. Hasil respon siswa diperoleh skor rata-rata 92,6% tergolong dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil respon guru terhadap media pembelajaran WOSE berbantuan kartu UNO mudah digunakan dan sudah sesuai, sehingga sudah layak jika digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V SD. Hasil perhitungan t-test sample independent menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas Eksperimen dan siswa di kelas Kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan tes kemampuan berpikir kritis siswa di kelas Eksperimen mengalami peningkatan dari sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Selain itu, secara keseluruhan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 0,57 berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, WOSE, Kartu UNO, Berpikir Kritis
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 13 Aug 2016 03:01
Last Modified: 13 Aug 2016 03:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item