HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DAN KEDISIPLINAN DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

MAISYAROH, 12144200131 (2016) HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DAN KEDISIPLINAN DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (999kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan pribadi dengan perilaku sosial siswa, (2) hubungan antara kedisiplinan dengan perilaku sosial siswa, (3) hubungan antara layanan bimbingan pribadi dan kedisiplinan dengan perilaku sosial siswa kelas VII SMP N 1 Seyegan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Seyegan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 192 siswa.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik quota random sampling yakni sejumlah 96 siswa.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif antara layanan bimbingan pribadi dengan perilaku sosial siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,426 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan pribadi diberikan terhadap siswa, maka semakin baik perilaku sosial siswa, (2) Ada hubungan yang positif antara kedisiplinan dengan perilaku sosial siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,640 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik kedisiplinan pada siswa maka perilaku sosial siswa akan meningkat dan semakin rendah kedisiplinan pada siswa, maka semakin rendah perilaku sosial siswa, (3) Ada hubungan yang positif antara layanan bimbingan pribadi dan kedisiplinan dengan perilaku sosial siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 38,646 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan pribadi dan semakin tinggi kedisiplinan terhadap siswa maka perilaku sosial siswa akan semakin baik. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah khusus guru bimbingan konseling memiliki peran penting dalam pelaksanaan layanan bimbingan pribadi secara efektif dalam membentuk konsep pribadi siswa yang baik sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan dan perilaku sosial yang baik dapat terbentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan pribadi, kedisiplinan, perilaku sosial
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Kedisiplinan di sekolah; hukuman, penghargaan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 10 Aug 2016 07:25
Last Modified: 10 Aug 2016 07:25
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item