HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KASIHAN TAHUN AJARAN 2015/2016

ANIS SAYEKTI, 12144200001 (2016) HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KASIHAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (888kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan pribadi dengan penyesuaian diri siswa, (2) hubungan antara motivasi belajar dengan penyesuaian diri siswa, (3) hubungan antara layanan bimbingan pribadi dan motivasi belajar dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 132 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 66 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik dengan rumus regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara layanan bimbingan pribadi dengan penyesuaian diri siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,712 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan pribadi terhadap siswa, maka penyesuaian diri pada siswa akan semakin baik, (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan penyesuaian diri siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,705 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik motivasi belajar siswa maka semakin baik penyesuaian diri yang terbentuk pada siswa, (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara layanan bimbingan pribadi dan motivasi belajar dengan penyesuaian diri siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 46,524 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin efektif pelaksanaan layanan bimbingan pribadi pada siswa dan semakin baik motivasi belajar siswa maka semakin baik penyesuaian diri pada siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa layanan bimbingan pribadi dan motivasi belajar pada siswa adalah penting artinya bagi pembentukan dan peningkatan penyesuaian diri pada siswa. Sekolah dan guru pembimbing memiliki peran penting dalam pelaksanaan layanan bimbingan pribadi secara efisien dan pemahaman potensi diri tentang motivasi belajar dan peningkatan penyesuaian diri siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan pribadi, motivasi belajar, penyesuaian diri
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jul 2016 01:22
Last Modified: 26 Jul 2016 01:22
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item