UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS II DI SD PATANGPULUHAN YOGYAKARTA

Henny Dwi Hartanti, 11144600075 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS II DI SD PATANGPULUHAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstak, Persetujuan...hingga Daftar I.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan model role playing pada siswa kelas II di SD Patangpuluhan Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dan Sampel penelitian ini yaitu penelitian dilakukan terhadap seluruh Siswa Kelas II di SD Patangpuluhan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini 1) Tes, 2) Observasi, dan 3) Dokumentasi. Desain penelitian ini terbagi dalam empat tahap, yaitu 1) Perencanaan (planning), 2) Pelaksanaan tindakan (acting), 3) Pengamatan (observing), dan 4) Refleksi (reflecting). Analisis data dalam penelitian ini meliputi 1) Analisis data tes, 2) Analisis data observasi, dan 3) Analisis data dokumentasi. Pembahasan dan analisis dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran menggunakan model role playing yang telah dilaksanakan, prestasi belajar siswa kelas II SDN Patangpuluhan Yogyakarta mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Pada nilai pra siklus, didapat nilai ratarata 53,66, dari 15 siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 5 siswa, jika dipersentasikan baru mencapai 33%. Pada nilai siklus I siswa terdapat 6 siswa yang mencapai KKM dengan persentase 40% dengan rata-rata siswa 56,66. Sedangkan pada nilai siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan nilai total rata-rata sebesar 70, hal tersebut telah memenuhi KKM sebesar 86,66% dengan jumlah siswa sebanyak 13 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai evaluasi siklus II dan nilai kegiatan role playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN Patangpuluhan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Prestasi Belajar, Model Role Playing
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:26
Last Modified: 14 Jul 2016 04:26
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item