FATIMATUN NURUL AINI, 12144200113 (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAJANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
2. Dokumen 1(Sampul- BAB I ).PDF Download (1MB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
|
Text
6. BAB V-terakhir.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas VII di SMP N Pajangan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII di SMP N Pajangan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 151 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota proporsional random sampling yakni sejumlah 75 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,442 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik pengaruh kecerdasan emosional pada siswa, maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, (2) Ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,509 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai siswa, (3) Ada pengaruh positif kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 20,308 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik pengaruh kecerdasan emosional pada siswa dan semakin tinggi motivasi belajar pada siswa akan meningkatkan prestasi belajar yang dicapai siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa pelaksanaan bimbingan konseling dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan motivasi belajar yang dimiliki siswa adalah penting artinya bagi peningkatan prestasi belajar siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui berbagai program kegiatan dalam terwujudnya pelaksanaan bimbingan konseling secara efisien dan pemahaman tentang kecerdasan emosional dan motivasi belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kecerdasan dan Bakat Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:06 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 04:06 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/866 |
Actions (login required)
View Item |