PENINGKATAN MOTIVASI , MINAT, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN SAWUNGGALING KUTOARJO PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

TITIK HARIYANI, 13255140015 (2016) PENINGKATAN MOTIVASI , MINAT, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN SAWUNGGALING KUTOARJO PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sawunggaling Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Penggunaan media gambar dalam Pembelajaran IPS. 2) peningkatan minat belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sawunggaling Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Penggunaan media gambar dalam Pembelajaran IPS. 3) peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Sawunggaling Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Penggunaan media gambar dalam Pembelajaran IPS Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sawunggaling yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peningkatan Minat Belajar Siswa dengan menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN Sawunggaling Kutoarjo Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan minat belajar siswa pada pra siklus siswa yang mencapai minat belajar berkategori tinggi adalah 50% setelah adanya tindakan meningkat pada siklus I 65%, pada siklus II meningkat menjadi 90%. 2) peningkatan motivasi belajar IPS dengan menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN Sawunggaling Kutoarjo Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang berkategori tinggi 60% meningkat pada siklus I 70% dan pada siklus II 85%, 3) peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN Sawunggaling Kutoarjo Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016, pada pra siklus siswa yang mencapai nilai KKM 55%, setelah menggunakan media gambar meningkat pada siklus I 65% dan pada siklus II 90%. Dengan demikian dengan penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas IV SDN Sawunggaling Kutoarjo Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, minat belajar, hasil belajar, media gambar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 30 May 2016 04:30
Last Modified: 30 May 2016 04:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item