UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKEL YOGYAKARTA

TUMIYANA, 09144600042 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKEL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pendekatan Mastery Learning (Belajar Tuntas) pada siswa kelas IV SD NegeriPakel Yogyakarta. Penelitian dilakukan di SD Negeri Pakel Yogyakarta pada tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, pada siklus I ada 2 pertemuan dan pada siklus II ada 2 pertemuan jumlah ada 4 kali pertemuan. Tahapan dalam pendekatan Mastery Learning yaitu latihan terbimbing, latihan terstruktur, latihan mandiri, penyajian, dan observasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif kemudian dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Mastery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri PakelYogyakrta. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan prestasi belajar siswa yang mengalami peningkatan di setiap siklusnya: (1) Prestasi belajar siswa ketika sebelum tindakan rata-rata 67,82 sedangkan nilai ketuntasan 70.Setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat menjadi 70,07 dengan ketuntasan 71,42% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas 75,07 dengan ketuntasan 96,42%; (2) Persentase aktivitas siswa rata-rata 66% dengan kategori sedang pada siklus I, dan menjadi 75,5% dengan kategori tinggi pada siklus II;(3) Persentase proses pembelajaran rata-rata 70 % dengan kategori sedang pada siklus I dan mencapai 80 % dengan kategori tinggi pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Mastery Learning, Prestasi Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 28 May 2016 04:38
Last Modified: 28 May 2016 04:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item