PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS DOMAIN KOGNITIF UNTUK MENGOPTIMALKAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN APLIKASI (C3) PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

S U P A R N I, 13255140040 (2016) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS DOMAIN KOGNITIF UNTUK MENGOPTIMALKAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN APLIKASI (C3) PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (954kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengembangkan desain pembelajaran yang digunakan untuk mengoptimalkan karakter dan kemampuan aplikasi dalam pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kutoarjo Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan desain pembelajaran yang telah dikembangkan dan diujicobakan pada peserta didik SD kelas IV SDN 1 Kutoarjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D yang ditemukan oleh Thiagarajan kemudian dimodifikasi menjadi 3-D meliputi define (pendifinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Subjek uji coba penelitian yaitu siswa kelas 4 SD 1 N Kutoarjo yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan tes prestasi belajar. Uji validitas menggunakan validitas empirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan desain pembelajaran yaitu RPP dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan: (1) Define, pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas dan analisis konsep. (2) Design, pada tahapan ini dilakukan penyusunan lembar format silabus dan RPP serta instrumen-instrumen yang digunakan. (3) Development, pada tahap ini dilakukan ujicoba terhadap kelas IV SD 1 Kutoarjo. 2) Keterlaksanaan desain pembelajaran yaitu RPP yang telah dikembangkan dan diujicobakan yaitu : a) ahli materi mengungkapkan bahwa aspek-aspek dalam RPP yang telah dikembangkan dengan interpretasi baik dengan rerata skor 2,97 b). Penilaian teman sejawat mengungkapkan bahwa aspek-aspek RPP yang telah dikembangkan dengan interpretasi baik dengan rerata skor 2,8.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis domain kognitif, kemampuan aplikasi, karakter
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 28 May 2016 02:01
Last Modified: 28 May 2016 02:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item