HUBUNGAN ANTARA LAYANAN INFORMASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Pungky Kumala Anindya Kusuma Dewi, 14144200140 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN INFORMASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB I.PDF

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui taraf hubungan antara layanan informasi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2015 – 2016, 2) mengetahui taraf hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2015 – 2016, 3) mengetahui taraf hubungan antara layanan informasi dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data – data dan informasi yang diperoleh di rubah dalam bentuk angka dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 90 siswa. Metode pengumpulan data dengan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dengan menggunakan product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara layanan informasi dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Hal ini dapat dibuktikan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat di simpulkan 1). semakin tinggi layanan informasi yang diberikan, dan motivasi berprestasinya maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. 2). semakin tinggi motivasi belajarnya, maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. 3). Semakin tinggi layanan informasi dan motivasi berprestasi, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini mengacu pada kesimpulan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara layanan informasi dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel. Oleh karena itu pihak sekolah menggunakan layanan informasi yang di butuhkan oleh siswa dalam memberikan motivasi siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan informasi, motivasi berprestasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 24 May 2016 02:09
Last Modified: 24 May 2016 02:09
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item