S R I Y A T I, 14155140035 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VI SDN PUCUNGROTO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DOKUMEN 1.pdf Download (931kB) | Preview |
|
Text
DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
|
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (490kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan motivasi melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas VI SDN Pucungroto Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas VI SDN Pucungroto Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa. Tahapan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan motivasi belajar siswa pada siswa kelas VI SD Pucungroto Kaligesing Purworejo tahun pelajaran 2015/2016, ditunjukkan dari perolehan persentase indikator motivasi belajar yang dicapai siswa pada pra siklus menunjukkan 66,61% , meningkat pada siklus I 75,54%, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,64%. 2) Peningkatan hasil belajar belajar siswa pada siswa kelas VI SD Pucungroto Kaligesing Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 ditunjukkan dari capaian nilai KKM yang diperoleh siswa dan nilai rata-rata yang mengalami peningkatan. Pada pra siklus nilai ratarata siswa 71,71 dengan persentase ketuntasan 57,14% meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 74,86 dengan persentase ketuntasan 71,43% dan pada siklus II meningkat 78,29 dengan persentase 85,71%.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, hasil belajar, metode contextual teaching learning |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 24 May 2016 02:01 |
Last Modified: | 24 May 2016 02:01 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/729 |
Actions (login required)
View Item |