UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 3 TANJUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015

WARTINI, 09144120016 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 3 TANJUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya aspek kognitif pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Tanjungsari pada pelajaran matematika materi pokok persegi dan persegi panjang melalui model pembelajaran kooperatif tipe Tutor Sebaya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tanjungsari pada tahun 2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah semua siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Tanjungsari dan obyek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu dari hasil observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Tanjungsari pada pembelajaran matematika. (2) Rata-rata nilai hasil belajar siswa pra tindakan adalah 55,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 36%, pada siklus I 63,8 dengan ketuntasan belajar klasikal 56%, pada siklus II 75,0 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe Tutor Sebaya
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 21 May 2016 04:29
Last Modified: 21 May 2016 04:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item