UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP) DI SD NEGERI PURBAYAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ariyanto, 13255140062 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP) DI SD NEGERI PURBAYAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS melalui metode peta pikiran (Mind Map) pada siswa kelas VI SD Negeri Purbayan tahun pelajaran 2015/2016 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas VI di SD Negeri Purbayan yang berjumlah 23 siswa. Prosedur penelitian dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam pembelajaran dalam IPS melalui metode peta pikiran (Mind Map) apabila telah tercapai ketuntasan belajar klasikal 75% dengan KKM ≥70. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa dari 23 siswa yang mengikuti pembelajaran IPS diketahui 4 siswa (17%) yang mencapai KKM dan 19 siswa (83%) belum mencapai KKM, dengan rata-rata kelas yang diperoleh adalah 54,53. Setelah dilakukan penerapan metode Mind Map pada siklus I menunjukkan bahwa 7 siswa (30%) belum tuntas dan ada 16 siswa (70%) sudah tuntas, dengan rata-rata kelas 70,65. Pada siklus II ada 21 siswa (91%) sudah tuntas dan 2 siswa (9%) belum mencapai KKM, dengan rata-rata kelas 81,09. Sedangkan pada pra siklus bahwa motivasi siswa yang berada pada kategori sangat rendah ada 1 atau (4%) siswa, siswa yang berada pada kategori rendah ada 17 atau 74% siswa, kategori sedang ada 4 atau 18% siswa, pada kategori tinggi 1 atau 4% siswa, sedangkan pada kategori sangat tinggi tidak ada. Setelah dilakukan penerapan metode Mind Map pada siklus I menunjukkan bahwa ada 1 siswa (4%) dalam kategori sangat rendah, 2 siswa (9%) dalam kategori rendah, 13 siswa (57%) dalam kategori sedang, dan 4 siswa (17%) dalam kategori tinggi sedangkan dalam kategori sangat tinggi ada 3 siswa (13%). Pada siklus II menunjukkan bahwa ada 1 siswa (4%) dalam kategori sangat rendah, 3 siswa (13%) dalam kategori sedang, dan 16 siswa (70%) dalam kategori tinggi sedangkan dalam kategori sangat tinggi ada 3 siswa (13%). Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Mind Map berhasil meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri Purbayan Purworejo.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar IPS, Mind Map
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 18 May 2016 07:43
Last Modified: 18 May 2016 07:43
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item