UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII A SMP PGRI KASIHAN BANTUL

Sri Lestari, 11144100037 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII A SMP PGRI KASIHAN BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1;hlm, Sampul, Abstrak, Persetujuan, Daftar isi, dan BAB I.PDF

Download (637kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.PDF

Download (33MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Kasihan Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif pada bulan Oktober sampai dengan November 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP PGRI Kasihan sejumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika. Hal ini dapat dibuktikan dari : (1) persentase skor motivasi belajar pada pra tindakan sebesar 53,60% dengan kriteria cukup, pada siklus I menjadi 82,38%dengan kriteria tinggi, dan 2 pada siklus II mencapai 82,51% dengan kriteria tinggi; (2) nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan yaitu 63,33% dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus I menjadi 76,25% dengan kriteria tinggi, dan menjadi 84,79% dengan kriteria tinggii pada siklus II. Sedangkan untuk persentase ketuntasan pada pra tindakan sebesar 33,33% dengan kriteria kurang, dan pada siklus I menjadi 66,66% dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II menjadi 83,33% dengan kriteria tinggi. (3) persentase keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mencapai 72,69% dengan kriteria cukup pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 90,75% dengan kriteria tinggi, sedangkan untuk keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa pada siklus I sebesar 83,85% dengan kriteria tinggi, meningkat pada siklus II menjadi 91,39% dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 May 2016 04:03
Last Modified: 12 May 2016 04:03
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item