UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII F SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

AJI NURDIANTARl, 11144100123 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII F SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm.sampul,abstrak,persetujuan..hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammdiyah I Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 33 siswa. Obyek penelitian adalah pelaksanaan pemebelajaran matematikan dengan model kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data kualitatif maupun kuantitatif dari berbagai sumber yaitu lembar observasi, angket minat, tes prestasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah I Yogyakarta dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pokok bahasan kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIII F SMP Muhammadiyah I Yogyakarta dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Peningkatan rata-rata presentase minat pra sikus adalah 49.81% kategori kurang kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 71.45% kategori cukup dan meningkat menjadi 80.36% pada siklus II dengan kategori tinggi. Rata-rata Prestasi pada pra siklus 58.39 dengan ketuntasan mencapai 15.15 % (kategori rendah). Setelah diadakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 71.85 dengan ketuntasan 54.55 % (kategori kurang). Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80.61 dengan ketuntasan 90.91 % (kategori tinggi). Hasil observasi kegiatan guru sebesar 82.5 % pada siklus I dengan kategori tinggi dan meningkat menjadi 92.5 % pada siklus II dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 72.12 pada siklus I dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 81.51 pada siklus II dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Matematika, Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 May 2016 02:13
Last Modified: 12 May 2016 02:13
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item