IKA ICHTIARTI, 1114410086 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 PAJANGAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm.sampul,abstrak,persetujuan... daftar isi dan BAB I.pdf Download (652kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf Download (59MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 pajangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP N 2 pajangan. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran dan peneliti. desain penelitan menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan penelitian yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindaka, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika. Hal ini terlihat dari: (1) proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan Numbered Head Together terlaksana dengan baik. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 68,41% ( kategori cukup) dan pada siklus II sebesar 81,57% ( kategori tinggi). (2) aktivitas belajar siswa meningkat pada tiap siklus. Aktivitas belajar siswa meningkat dari persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 71,59% (kategori cukup) pada siklus II sebesar 83,03% (kategori Tinggi); (3) Prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai pra tindakan sebesar 60,75 dengan ketuntasan 12,5% (kategori sangat rendah), meningkat pada siklus I sebesar 73,06 dengan ketuntasan 59,37% (kategori cukup) pada siklus II meningkat sebesar 80,12 dengan ketuntasan 84,37% (kategori tinggi).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe Numbered head Together (NHT), aktivitas, prestasi belajar matematika, dan keterlaksanaan pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 11 May 2016 07:40 |
Last Modified: | 11 May 2016 07:40 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/637 |
Actions (login required)
View Item |