PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MELALUI DIALOG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VII E SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 KALIKAJAR WONOSOBO TAHUN 2015/2016

Erna Leksminiati, 13255140007 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MELALUI DIALOG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VII E SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 KALIKAJAR WONOSOBO TAHUN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dirancang dengan prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan rumus persentase kualitatif. Peneliti ini meneliti seluruh siswa kelas VII E, SMP Negeri 1 Kalikajar Wonosobo tahun 2015/2016 sejumlah 31 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan pendekatan konstruktivistik mampu meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengukuran kreativitas siswa dari Siklus I dan Siklus II yang mengalami peningkatan. Siklus I terdapat 12 siswa pada kategori Rendah, 18 siswa pada kategori Tinggi, dan 1 siswa pada kategori Sangat Tinggi. Kreativitas siswa mengalami kenaikan pada Siklus II yaitu terdapat 7 siswa yang termasuk Tinggi dan 24 siswa termasuk kategori Sangat Tinggi 2) Penerapan pendekatan konstruktivistik mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata ketuntasan dari pra siklus, Siklus I, dan Siklus II senantiasa mengalami kenaikan. Pra siklus memiliki rata-rata nilai 62,58 dengan 16,13% ketuntasan. Siklus I memiliki rata-rata 76,61 dengan 45,16% ketuntasan. Siklus II memiliki rata-rata 85,16 dengan 87,10% ketuntasan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: konstruktivistik, dialog, kreativitas, hasil belajar
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 11 May 2016 03:36
Last Modified: 11 May 2016 03:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item