UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII D SMP N 1 PAJANGAN

SETYA WULANDARI, 11144100090 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII D SMP N 1 PAJANGAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. DOKUMEN I.PDF

Download (730kB) | Preview
[img] Text
2.DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
3.DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
4.DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
5.DOKUMEN BAB V.pdf

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri1 Pajangan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Pajangan tahun ajaran 2015/1016 yang berjumlah 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)yang dilaksanakan dengan langkah penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama dan menjawab terlaksana dengan tingkat keterlaksanaan pembelajaran 74,72% (kualifikasi cukup) pada siklus I dan 88,33% (kualifikasi tinggi) pada siklus II sehingga motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika yaitu sebelum tindakan 47,88% (kualifikasi kurang), pada siklus I 68,71% (kualifikasi cukup) dan pada siklus II 80,17% (kualifikasi tinggi). Tes prestasi belajar matematika siswa meningkat, pada tes pra tindakan rata-rata kelas 62,47 dengan persentase ketuntasan belajar 13,33% (kualifikasi rendah),pada tes siklus I rata-rata kelas 70,33 dengan persentase ketuntasan 43,33 (kualifikasi kurang) dan tes siklus II nilai rata-rata kelas 83,73 dengan persentase ketuntasan 76,67% (kualifikasi tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT), motivasi belajar siswa, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 10 May 2016 03:21
Last Modified: 10 May 2016 03:21
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item