PENGARUH PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUSANTO DWI PRIHANTORO, 12155140068 (2015) PENGARUH PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (995kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
Dokemen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
Dokemen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Prestasi Belajar Komputer Akuntansi, dan mengetahui pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi dan Kemampuan Mengajar Guru, baik secara partial maupun bersama sama terhadap Prestasi Belajar Computer Akuntansi siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul tahun pelajaran 2013/2014, serta sumbangan (efektif dan relatif) Prestasi Belajar Akuntansi dan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntasi Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri I Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah semua Siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri I Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 128 anak. Metode untuk mengumpulkan data menggunakan metode angket yang sebelumnya telah diujicobakan pada 20 siswa di luar sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumen untuk variabel bebas X2, untuk variabel bebas X1 dan variabel terikat menggunakan metode dokumentasi dengan mengambil Daftar Nilai Uji Kompetensi Kejuruan praktik akuntansi manual tahun pelajaran 2013/2014 untuk X1 dan variabel terikat adalah Daftar nilai Uji Kompetensi Kejuruan praktik komputer akuntansi dengan aplikasi software Accurate tahun pelajaran 2013/2014. Teknik analisa data meliputi : 1) deskripsi data, 2) pengujian persyaratan analisis (uji normalitas data, uji linearitas, uji multikolonieritas) dan 3) pengujian hipotesis. Untuk menguji hipotesis menggunakan korelasi ganda dan analisa regresi ganda. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa Prestasi Belajar Akuntansi pada kategori sangat tinggi 100% atau sebanyak 108 siswa dengan rerata = 87,00, Kemampuan Mengajar Guru pada kategori baik 49,08% atau 53 siswa dengan rerata = 72,00, Prestasi Belajar Komputer Akuntansi pada kategori sangat baik 100% atau 108 siswa dengan rerata = 91,00. Hasil analisis korelasi ganda, menunjukkan bahwa (1) Prestasi Belajar Akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi sebesar t = 0,2999; p < 0,05. (2) Kemampuan Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi sebesar t = 0,1054; p < 0,05,( 3) Prestasi Belajar Akuntansi dan Kemampuan Mengajar Guru secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi sebesar R2 = 0,310; p < 0,05. Sumbangan efektif Prestasi Belajar Akuntansi 72,00%X 0,096X 100% = 6,91 %. dan sumbangan efektif Kemampuan Mengajar Guru 28,00% X 0,096X 100% = 2,69 %.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi, Kemampuan Mengajar Guru dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Komputer Akuntansi
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Guru/Tenaga Pendidik, Ahli Pendidikan
Akuntansi
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 10 May 2016 02:41
Last Modified: 10 May 2016 02:41
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item