ORYZA SETYANINGSIH, 11144100159 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS VIII SMP NEGERI 2 SRANDAKAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DOKUMEN 1 (HAL SAMPUL-BAB I).pdf Download (563kB) | Preview |
|
Text
DOKUMEN 2 (BAB II).pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
Text
DOKUMEN 3 (BAB III).pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
DOKUMEN 4 (BAB IV).pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
||
|
Text
DOKUMEN 5 (BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN).pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Kelas VIII SMP Negeri 2 Srandakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Srandakan pada tanggal 07 September-05 November 2015 tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Srandakan yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan operasi aljabar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes pemahaman konsep, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Srandakan pada materi operasi aljabar dapat meningkatkan pemahaman konsep. Peningkatan pemahaman konsep dilihat dari kenaikan persentase masing masing indikator dari siklus I ke siklus II. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah pada tahapan think guru memberikan LKS untuk membatu siswa memikirkan masalah yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Hasil pemikirannya sendiri tersebut didiskusikan dengan pasangan pada tahapan pairs, setelah itu dipresentasikan didepan kelas pada tahapan share.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 04 May 2016 04:38 |
Last Modified: | 04 May 2016 04:38 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/579 |
Actions (login required)
View Item |