UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 GALUR

Siti Sangadah, 11144100072 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 GALUR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I & DOKUMEN.PDF

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
BAB V (Autosaved).pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIIB SMP Negeri2 Galur. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Galur pada bulan September sampai dengan Oktober 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri2 Galur tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Tekhnik pengumpulan data adalah observasi, angket, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif( reduksi data, penyajian data, dan triangulasi) dan kuantitatif dengan rumus presentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dilaksanakan dengan langkah penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama dan menjawab terlaksana dengan tingkat keterlaksanaan pembelajaran 83,33% (kualifikasi sangat tinggi) pada siklus I dan 95,24%(kualifikasi sangat tinggi) pada siklus II sehingga motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan : (1) rata-rata motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika yaitu sebelum tindakan 50,40% (kualifikasi cukup), pada siklus I 73,03 (kualifikasi cukup) dan pada siklus II 82,16 (kualifikasi tinggi) , (2) prestasi belajar matematika siswa meningkat, pada pra tindakan nilai rata-rata kelas 60,50 (kualifikasi sedang) dengan ketuntasan sebesar 18,75% meningkat pada tes siklus I menjadi 76,01 (kualifikasi tinggi) dengan ketutasaan kelas sebesar 56,25% dan meningkat pada tes siklus II menjadi 86,30 (kualifikasi sangat tinggi) dengan ketuntasan kelas 87,50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), motivasi dan prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 04 May 2016 03:49
Last Modified: 04 May 2016 03:49
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item