UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS DALAM KEGIATAN LESSON STUDY SISWA KELAS V SD WONOLELO PLERET BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SUYADI, 13155140063 (2016) UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS DALAM KEGIATAN LESSON STUDY SISWA KELAS V SD WONOLELO PLERET BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

SUYADI. Penerapan model pembelajaran Outdoor learning Process untuk meningkatkan Kerjasama, Motivasi dan Hasil Belajar IPS Dalam Kegiatan Lesson Study Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Wonolelo Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pascasarjana, Universitas PGRI Yogyakarta, 2015. Permasalahan pembelajaran IPS di SD negeri Wonolelo adalah tidak dikembangkan kerjasama dan motivasi siswa dalam belajar sehingga nilai yang diperoleh siswa dalam belajar di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sesuai yang ditetapkan sekolah. Penelitian tindakan kelas ini mempunyai tujuan untuk meningkatan kerjasama, motivasi, dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Wonolelo pada tahun ajaran 2014/2015 melalui model pembelajaran Outdoor Learning Process dalam kegiatan Lesson Study. Penelitian dilakukan dengan menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data kerjasama siswa dalam belajar menggunakan lembar observasi, data motivasi siswa melalui teknik angket sedangkan data hasil belajar siswa menggunakan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Wonolelo Pleret Bantul. Obyek penelitian peningkatan kerjasama, motivasi dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Outdoor Learning Process. Metode Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kerjasama kategori baik dan amat baik pada pra siklus mencapai 8 siswa sebesar 30%, siklus 1 mencapai 21 sebesar 88%, siklus II mencapai 24 siswa sebesar 100% . Peningkatan motivasi siswa kategori baik dan amat baik pada pra siklus mencapai 6 siswa sebesar 25%, siklus 1 mencapai 18 siswa sebesar 75%, Siklus II mencapai 24 siswa sebesar 100%. Hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum ( KKM ) 70 pada pra siklus sebanyak 6 siswa sebesar 25 %, siklus I sebanyak 19 siswa sebesar 79 %, siklus II sebanyak 21 siswa sebesar 87,5 %.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Learning Process, kerjasama, Motivasi, hasil belajar IPS, Lesson Study
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 28 Apr 2016 01:44
Last Modified: 28 Apr 2016 01:44
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item