UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 1 KASIHAN

RIA KORIMAH, 11144100065 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 1 KASIHAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1 Sampul + BAB 1.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
Dokumen 2 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
Dokumen 3 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
Dokumen 4 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen 5 BAB V + Daftar pustaka + Lampiran.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Kasihan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kasihan pada tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pola kolaboratif, dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Kasihan semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 30 siswa. Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi operasi aljabar. Penelitian ini mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIIIE SMP Negeri 1 Kasihan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilihat dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 79,16% pada siklus I dan meninngkat pada siklus II menjadi 100%. Hal ini dapat dilihat dari persentase kemampuan pemecahan masalah siswa dari setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 79,1% dan pada siklus II sebesar 86,8%. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah dilaksanakan siklus I sebesar 78,89 dan siklus II sebesar 86,81.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:26
Last Modified: 27 Apr 2016 04:26
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item