PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) KELAS III DI SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Indratusvia Mahgiyanto, 11144600034 (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) KELAS III DI SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL INDRATUSVIA MAHGIYANTO.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Kelas III di Sekolah Dasar tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian dilakukan di Kabupaten Wonosobo pada tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development yang dilakukan di kelas III di SD N 1 Pulosaren Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian Pengembangan atau Research and Development, meliputi Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk, Produksi massal. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskiptif kualitatif yang diperoleh dari diperoleh dari angket kualitas produk (validasi ahli materi, ahli media) berupa data kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan uji secara statistik dengan t-test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat keefektifitasan pada kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning), dengan kelas yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran dengan dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). hal tersebut didukung dengan uji taraf keefektifitasan diketahui bahwa harga t hitung (8,355) lebih besar besar dari t tabel (2,086).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Tematik
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 05:43
Last Modified: 27 Jan 2016 05:43
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item