UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR SLEMAN

Veranika Siti Nurjanah, 11144100157 (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR SLEMAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Veranika Siti Nurjanah 11144100157.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan faktorisasi aljabar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Minggir, Sleman, Yogyakarta pada bulan Agustus 2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting), dan dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 1 Minggir yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 22 siswa putra dan 13 siswa putri. Obyek penelitian adalah aktivitas dan prestasi belajar yang ditingkatkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, tes prestasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 1 Minggir dapat disimpulkan bahwa: (1) Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II mulai dari tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup secara umum sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP. Rata-rata hasil observasi pembelajaran mencapai 73,21% (kategori cukup) pada siklus I dan 89,07% (kategori tinggi) pada siklus II; (2) Aktivitas belajar siswa meningkat berdasarkan rata-rata hasil angket aktivitas pada pra tindakan sebesar 57,11% (kategori cukup) menjadi 71,18% (kategori cukup) pada siklus I, dan 85,86% (kategori tinggi) pada siklus II; (3) Prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata prestasi belajar siswa pra tindakan sebesar 58,20 (kategori cukup) dengan ketuntasan mencapai 37,14% meningkat menjadi 72,42 (kategori cukup) dengan ketuntasan mencapai 57,14% pada siklus I, dan 85,71 (kategori tinggi) dengan ketuntasan mencapai 85,71% pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Aktivitas, Prestasi Belajar Matematika, dan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:11
Last Modified: 27 Jan 2016 04:11
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item