PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMAPADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sonny Harsono, 11144600052 (2015) PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMAPADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal Sonny Harsono (11144600052).pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap nasionalisme melalui pembelajaran IPS dengan metode sosiodrama pada siswa kelas V SD Negeri 3 Imogiri Bantul tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Imogiri Bantul pada bulan Mei sampai dengan Juni 2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian sikap nasionalisme menggunakan metode sosiodrama. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Imogiri Bantul tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata persentase. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode sosiodrama pada siswa kelas V SD Negeri 3 Imogiri Bantul tahun pelajaran 2014/2015 dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata persentase berdasarkan angket sikap nasionalisme siswa pada pra siklus yaitu 51.14% (kategori cukup) meningkat pada siklus I yaitu 73.84% (kategori cukup) dan pada siklus II yaitu 85.4% (kategori tinggi). Sedangkan sikap nasionalisme siswa berdasarkan observasi sikap nasionalisme siswa pada siklus I yaitu 73.7% meningkat pada siklus II yaitu 80.86% .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran metode sosiodrama, sikap nasionalisme
Subjects: Politik > Teori dan Ideologi Politik
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 03:13
Last Modified: 27 Jan 2016 03:13
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item