UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MATARAM KASIHAN

Anna Revi Nurutami, 11144100133 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MATARAM KASIHAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jurnal Anna Revi Nurutami.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada mata pelajaran matematika kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan materi kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Mataram Kasihan pada tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, kolaboratif antara guru matematika kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan dan peneliti, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dan objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada materi pokok kubus dan balok. Terdiri dari dua siklus, siklus pertama dan kedua dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi,. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik data kualitatif maupun data kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis angket keaktifan, pada siklus I mencapai 66,18% kategori cukup, di siklus II meningkat menjadi 72,15% kategori cukup, sehingga dapat disimpulkan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,97%. Berdasarkan analisis lembar observasi keaktifan, pada siklus I keaktifan siswa mencapai 80,3% dan siklus II mencapai 88,64%, sehingga dapat disimpulkan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,34%. Nilai rata-rata kelas prasiklus sebesar 56,83 dengan ketuntasan nilai rata-rata kelas sebesar 68,70 dengan ketuntasan sebesar 62,5%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 75,91 dengan ketuntasan sebesar 83,3%, sehingga dapat disimpulkan rata-rata kelas mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,21 dan ketuntasan belajar mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 20,8%. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 71,4% kategori cukup, meningkat menjadi 80,20% kategori tinggi pada siklus II, sehingga keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,8%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS), Keaktifan dan Hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:02
Last Modified: 26 Jan 2016 04:06
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item