PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH (Penelitian pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Tempurejo I, Kabupaten Magelang)

Khusnul Laely, UMM and Khadziq Ma’arif, UMM (2017) PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH (Penelitian pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Tempurejo I, Kabupaten Magelang). Elementary School 4 (2017) 83-89. ISSN p-ISSN 2338-980X

[img]
Preview
Text
1khusnul laely_flash card huruf hijaiyah.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas satu Sekolah Dasar melalui pemanfaatan media flash card di SD Tempurejo I Kabupaten Magelang. Penelitian dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian sebanyak dua puluh siswa pada anak kelas satu, SD Tempurejo I Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas satu Sekolah Dasar melalui pemanfaatan media flash card. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca huruf hijaiyah mengalami peningkatan dengan hasil kemampuan awal kemampuan membaca huruf hijaiyah mencapai 25,7%, siklus I mencapai 54,29% dan siklus II mencapai 88,57%. Hal ini berarti bahwa pemanfaatan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas satu Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media flash card, kemampuan membaca, huruf hijaiyah anak
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 30 May 2017 03:59
Last Modified: 30 May 2017 03:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item